Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan

Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan

Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan  Walaupun sariawan bukan penyakit berat, tetapi sariawan dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Sariawan merupakan gangguan rongga mulut dapat mempengaruhi pencernaan, karena mampu menurunkan nafsu makan. Gangguan ini ternyata tak sebatas minimnya konsumsi vitamin C.
Jika kamu salah satu orang yang gampang sariawan, sebaiknya pastikan apakah tubuh sudah mendapat asupan zat besi yang cukup. Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa hal yang membuat tubuh kekurangan zat besi.


Konsumsi obat
Tidak jarang sariawan justru muncul saat kita menggunakan obat kumur atau obat tetes untuk mulut. Beberapa jenis obat memang mengandung bahan yang dapat menghilangkan keseimbangan tubuh, termasuk menghentikan penyerapan zat besi.
Diet
Tak sedikit pelaku diet mengabaikan asupan sehat, seperti kecukupan zat besi ini. Padahal kekurang zat besi akan menghambat aliran oksigen dalam tubuh. Hasilnya: tubuh mudah lelah, mual, dan sariawan. Untuk itu disarankan agar mengonsumsi banyak sayuran hijau seperti bayam dan brokoli dalam menu diet.
Menstruasi
Meski angka kejadiannya terbilang sedikit, namun sariawan juga bisa muncul saat fase menstruasi. Penyebabnya: perubahan hormon tubuh yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh kekurangan zat besi.
Anemia
Kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah ini merupakan bentuk ekstrem dari kekurangan zat besi. Tak hanya menyebabkan tubuh lemas, tapi juga menimbulkan kesakitan pada bagian ulkus mulut (luka di mulut) yang berulang.

Related Posts: