Cara agar baterai laptop tidak cepat rusak

Performa laptop yang prima salah satunya ditunjang oleh kondisi baterai yang bagus. Seiring dengan pemakain yang semakin lama biasanya kondisi baterai akan cenderung menurun bahkan beberapa kasus ditemukan tidak sampai satu tahun kondisi baterai sudah soak dan mati. Selama masih garansi mungkin semuanya tidak akan jadi masalah, namun kalau sudah lewat masa garansinya… wah lain cerita. Paling tidak kita akan merogoh kocek yang cukup mahal untuk membeli baterai penggantinya.
Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa dicoba untuk menjaga agar baterai laptop kita menjadi awet :

1. Optimisasi Power Settings
Atur sedemikian rupa pada pengaturan daya baterai sehingga penggunaan baterai dapat berlangsung secara optimal. Karena seperti yang kita ketahui bahwa konsumsi daya terbesar baterai berasal dari harddisk dan faktor tampilan pada layar. Untuk tampilan layar sobat blogger bisa mengatur brightness layar, jadi redupkan seckupnya agar konsumsi daya yang dibutuhkan tidak besar.
2. Singkirkan Peralatan Eksternal
Singkirkan atau matikan segala hardware eksternal yang terkoneksi melalui USB saat tidak digunakan. Baik USB storage (flashdisk) termasuk juga wifi, Bluetooth, CD/DVD eksternal karena disamping penggunaan daya yang berlebihan kinerja laptop juga akan lebih ringan sehingga efisiensi daya dapat tercapai. 
3. Hibernate
Standby memang terbukti mengurangi penggunaan daya atau energi dalam baterai, namun tidak sebanyak hibaernate yang membuat pemakaian daya menjadi nol saat tidak ada pemakaian.
4. Hindari Multitasking
Jangan membuka beberapa program secara bersamaan. Lakukan pekerjaan dengan menyelesaikan satu persatu dengan meminimize aplikasi yang digunakan. Karena semakin banyak aplikasi yang dibuka dengan varian yang besar maka konsumsi daya manjadi semakin besar.
5. Matikan Scheduled Task
Matikan scheduled task, sobat blogger tidak akan menggunakan fitur ini saat menggunakan baterai karena hal tersebut sama sekali tidak diperlukan. Ingat efisiensi ! ^^!
6. Jangan bermain game
Hindari aktifitas yang satu ini saat menggunakan baterai apabila ingin baterai sobat blogger awet. Karena pada umumnya efek dari penggunaan grafis 3D yang besar akan mengkonsumsi banyak daya. Belum lagi apabila kita terlena masuk kedalam permainan yang ada kita akan mudah sekali lupa untuk melakukan charging baterai karena tahu-tahu laptop kita sudah mati saat permainan belum berakhir dikarenakan daya baterai laptop sudah terkuras habis.
7. Latihlah Baterai
Jangan tinggalkan baterai dalam kondisi kosong dalam jangka waktu yang lama, karena hal tersebut akan sangat merugikan sel-sel dalm baterai yang berakibat pada berkurangnya kapasitas baterai.jadi isi dan gunakan baterai sesekali untuk melatihnya biar tetap fit.
8. Jaga temperature laptop
Jangan menggunakan laptop diatas media yang sirkulasi udaranya buruk seperti bantal, kasur, karpet dsb. Usahakan agar tetap ada ruang antara laptop dengan alas tempat laptop bersandar. Karena dengan sirkulasi udara yang buruk berakibat pada meningkatnya suhu dalam laptop. Dengan suhu/temperatur yang tinggi akan membuat fan pada mainboard mempercepat putarannya untuk mendinginkan temperatur di dalam yang berujung pada penggunaan daya yang berlebih.
9. Setting  memori.
Lakukan efisiensi memori baik dengan menambah resource yang ada dengan mengurangi program aplikasi-aplikasi yang bukan prioritas utama dalam kebutuhan ataupun dengan menambah memori secara fisik yang lebih besar. Karena dengan begitu kita akan meminimalisasi ketergantungan akan memori virtual sehingga konsumsi daya dapat dikurangi.
10. Baterai Cadangan
Sediakan baterai cadangan apabila memang diperlukan. Apalagi kalau sobat blogger dituntut untuk mobilitas dengan tingkat atau kapasitas yang tinggi. Tentunya produktivitas kerja akan semakin maksimal tanpa harus bergantung pada satu baterai.

Semoga bermanfaat =)

Related Posts: